RATNA LISTY Ajak Keisha Almanova Mudik Lebaran ke Kampung Halaman di Madiun

Artis Musik452 Dilihat

JAKARTA, ARTIS6. COM – Tradisi minta maaf kepada orangtua atau populer dengan nama ‘Sungkeman‘ di Hari Raya Idhul Fitri (Lebaran) merupakan hal yang sudah turun-temurun dijalani di masyarakat Jawa. Boleh jadi juga sudah menjadi keharusan, karena bisa disebut sebagai ‘darma bakti’, dimana orangtua butuh kehadiran anak-anaknya di hari kebahagiaan (Lebaran).

Mengacu pada hal di atas itulah, aktris serba bisa yang juga sudah terjun sebagai ahli terapi (supranatural) Ratna Listy – harus menyempatkan diri pulang ke kampung halamannya di Madiun, Jawa Timur, pada H-2 Lebaran kemarin. Bahkan, ia mengajak serta putri keduanya, Keisha Almanova untuk silaturahmi Lebaran dengan ayah kandungnya yang masih ada, Daryono. Sementara itu putra sulungnya, Swara Reiki January, berada di London (Inggris) karena masih harus menyelesaikan kuliahnya.

“Malah untuk silaturahmi Lebaran ke tempat orangtua di Madiun, aku dan Keisha harus nyetir gantian. Bisa dibayangkan harus menempuh perjalanan selama 12 jam dari Jakarta ke Madiun. Hal itu harus ditempuh, karena demi menemani ayahku yang tahun ini sendiri, tanpa ibuku,” cerita Ratna kepada ARTIS6.COM, Minggu (14/4/2024).

Pada saat Mudik Lebaran menuju Madiun di tahun 2024 ini, artis penyanyi yang populer berkat jadi host program ‘Bedah Rumah’ di RCTI beberapa tahun silam, harus duduk dibelakang kemudi mobilnya. “Iya, bawa mobilnya gantian sama Keisha, baik jadi supir maupun navigator. Perjalanan JakartaMadiun, harus kami tempuh dalam waktu 12 jam. Termasuk menyempatkan tidur (istirahat) selama 2 jam, di Rest Area (RA) Tegal, karena kantuk menyerang,” urai Ratna, panjang lebar.

Tak heran menjadi satu kebahagiaan, karena saat dirinya tiba di rumah orangtua di Madiun (Jawa Timur), langsung disambut keluarga besar. “Keisha nampak bahagia saat bertemu Akung Daryono (kakeknya-red). Ada juga Desta, keponakan aku yang menemani orangtua dalam kesehariannya di Madiun,” kata Ratna, lagi.

Diceritakan penyanyi serba bisa yang memiliki koleksi album/single Pop Jawa, Pop, Dangdut/Melayu dan Campursari – saat harus menempuh perjalanan dari Jakarta ke Madiun. Harus berjuang menembus kemacetan lalulintas. “Begitu pula pada Lebaran di tahun lalu, saat menjalani tradisi Sungkeman dan masih ketemu Ummi (ibu kandungnya yang sudah almarhumah),” ujarnya.

Karena itulah, Ratna Listy pun tak lupa minta restu dan doa kepada ayah kandungnya yang masih ada. “Minta doa untuk keberkahan, keselamatan, kesehatan dan kebahagiaan hidup – karena harus seorang diri mengasuh kedua anak-anaknya hingga sekarang,” ujar dia, menutup wawancaranya. © [GUYS]

Jangan Lewatkan