OPLET ROBET Bisa Melangkah Selama 18 Tahun Bersama Qubil AJ

JAKARTA, ARTIS6.COM ■ Siapa sangka sebuah sanggar yang awalnya memiliki basecame di bekas lahan pembuangan sampah di kawasan Pinang Ranti, Jakarta Timur, bisa eksis sampai 18 tahun lamanya. Padahal, saat kemunculannya dianggap kurang prosfek lantaran punya misi dan visi ingin mengembangkan seni dan budaya Betawi.

Namun berkat kegigihan Ramdhani atau yang dikenal sebagai aktor komedi religi Qubil AJ, justru kini telah banyak berperan dan melahirkan karya di dalam mengangkat budaya Betawi tersebut. Puluhan anggotanya pun kini sudah mulai ‘mentas‘ dan populer di masyarakat.

Dikatakan Qubil AJ saat merintis berdirinya sanggar ‘Oplet Robet’ yang merupakan akronim Ocehan Plesetan Rombongan Betawi, secara perlahan terus eksis dari tahun ke tahun. Bahkan telah melakukan kegiatan untuk memperkenalkan sejumlah seni budaya Betawi kepada generasi muda.

“Saya sangat mensyukuri, karena direspon mulai dari kalangan anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Mereka mau bergabung karena peduli dengan seni budaya Betawi,” jelas aktor komedi religi yang pernah top lewat peran Mah’did Musyawaroh di sinetron ‘Islam KTP‘ tayangan di SCTV.

Sikap tak mengenal lelah dari sosok Qubil AJ ternyata membuahkan hasil positif. Semakin bertambah tahun, pada kenyataannya mampu menjaring peminat atau generasi baru yang mau dan peduli ikut mengembangkan serta mengangkat seni budaya Betawi.

Sejumlah kegiatan seperti lomba menulis cerita Betawi, Lenong dan pemilihan aktor-aktris cilik serta lainnya, mendapat respon positif. Terbukti saat ini dari mereka mulai mentas dan populer di masyarakat. Dari situlah, Qubil AJ mengaku bangga dan senang lantaran bisa memfasilitasi generasi penerus sebagai pewaris seni dan budaya Betawi.

“Jujur, saya sangat bersyukur, karena peminat semakin bertambah setiap tahunnya. Dengan begitu, saya juga punya keyakinan bahwa seni dan budaya Betawi tak akan hilang atau punah di makan zaman,” tuturnya.

Dalam kaitan acara Halal Bihalal dan usianya yang sudah menginjak 18 tahun, keluarga besar Oplet Robet kumpul di Villa Nafkah Pasar Cikreteg, Ciawi, Bogor, Jumat-Minggu (14-16 Juni). “Semua yang ada di sanggar Oplet Robet ini, sudah kayak keluarga besar. Selain itu sekaligus melalukan syukuran, karena sudah mencapai usia 18 tahun,” ucap Qubil AJ, mengakhiri. ■ [ALDI]

Related posts

Leave a Comment