BIARAWATI SR M ALEXA YONSION Bsmc Angkat Jadi Lagu Tragedi Kapal Selam KRI Nanggala 402 Untuk Mengenang 53 Prajurit TNI Sebagai Pahlawan

JAKARTA, ARTIS6.COM ■ Tragedi hilangnya 53 personil prajurit TNI AL Kapal Selam KRI Nanggala 402, di Laut Bali pada 21 April 2021 silam, belumlah sirna dari ingatan kita semua. Bahkan akibat dari kejadian tersebut, duka mendalam tak hanya dirasakan oleh Korps Hiu Kencana. Keluarga besar prajurit yang hilang tanpa jejak itu, terasa masih menyimpan duka yang mendalam.

Adalah Biarawati Sr M Alexa Yonsion Bsmc asal kelahiran Desa Nita Meumere, Flores (NTT), diam-diam terinspirasi untuk membuat lagu spesial demi mengenang hilangnya ke-53 Prajurit TNI AL. Sedangkan karya lagu itu sendiri diberi judul ‘Selamat Jalan Pahlawanku TNI AL KRI Nanggala-402’.

“Kendati peristiwanya terjadi setahun silam, namun tetap mengusik mata bathin saya. Karena itu, saya bikin lagu spesial untuk mengenang sekaligus mendoakan mereka,” ucap Biarawati Sr M Alexa Yonsion Bsmc kepada ARTIS6.COM, Sabtu (23/4/2022).

Sedangkan dorongan untuk melahirkan karya lagu tersebut, tak lepas dari sikap kepeduliannya yang kuat terhadap ke–53 Prajurit TNI AL. Mereka yang bertugas di KRI Kapal Selam Nanggala 402 dan kemudian gugur, dapat dikategorikan sebagai ‘Pahlawan‘ tanpa tanda jasa yang begitu gigih dalam menjaga kedaulatan negara.

“Semoga melalui karya lagu saya ini, bisa mewakili perasaan keluarga besar TNI AL. Meski kejadian tersebut, menyisakan duka yang mendalam bagi kita semua mauolpun bangsa dan negara Indonesia tercinta. Saya ingin mengenang mereka sebagai pejuang dan pahlawan,” papar dia.

Masih terkait dengan karya lagunya itu, Biarawati Sr M Alxe Yonsion Bsmc mengaku telah menyurati KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut) Laksamana Yudo Margono. Maksud dan tujuannya adalah untuk ikut nyanyi bareng. Bahkan jika dimungkinkan bisa melibatkan staf dari Mabes TNI AL.

“Jadi, harapan saya tentunya bisa direspon oleh Bapak Laksamana Yudo Margono dan juga Mabes TNI AL. Saya bikin lagu tersebut sebagai bentuk ungkapan duka cita yang mendalam terhadap kepahlawan para prajurit TNI AL yang kita cintai,” tutur dia, lagi.

Lagu ‘Selamat Jalan Pahlawanku TNI AL KRI Nanggala 402‘ tersebut, juga diniatkan sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan darma baktinya yang sangat besar terhadap bangsa dan negara Indonesia. “Mereka para prajurit yang bekerja dan berpatroli dalam keabadian On Enternal Patrol,” pungkas Biarawati Sr M Alexa Yonsion Bsmc yang juga pernah bikin lagu ‘Berkibarlah Merah Putih’ dalam konteks HUT ke-76 Kemerdekaan RI di tahun 2021 lalu. [GUYS]

Jangan Lewatkan