Rekomendasi makanan kaya nutrisi untuk program diet

Uncategorized69 Dilihat

Masih banyak orang yang menilai bahwa diet merupakan pola makan dengan mengurangi porsi dan jenis makanannya. Pada kenyataannya ketika sedang menjalankan program penurun berat badan, hal terpenting adalah mengatur makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Hal tersebut bukan tidak beralasan akan tetapi jika Anda mengonsumsi makanan yang salah akan menggagalkan rencana diet atau bahkan justru menaikkan berat badan.
Perlu diingat juga bahwa dalam menurunkan atau menjaga berat badan, selain mengatur makanan dan minuman yang akan dikonsumsi tentunya harus diimbangi dengan olahraga juga. Ada 3 nutrisi penting yang tidak boleh kita lupakan ketika menjalankan program diet yaitu:


Kalsium


Mineral yang satu ini membantu dalam membangun tulang dan gigi yang kuat, memastikan pembekuan darah berjalan dengan normal, dan mengatur kontraksi otot (termasuk detak jantung). Makanan apa saja yang mengandung kalsium? Selain susu dan keju, kita bisa mendapatkan kalsium dari: [1]


Sayuran hijau


Sayuran hijau juga dikatakan sebagai jenis makanan yang rendah kalori sehingga sangat pas untuk dijadikan makanan diet sehat. Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, bisa mendapatkan manfaat ini dari berbagai jenis sayuran hijau. Seperti bayam, kale, collard dan brokoli [2].


Ikan berminyak


Makanan untuk diet sehat kaya nutrisi selanjutnya bisa berasal dari ikan berminyak atau ikan rendah kalori. Meskipun dari namanya berminyak, tetapi ikan yang termasuk jenis ini mempunyai kandungan kalori yang rendah. Ini bisa Anda dapatkan dari ikan mackerel, sarden, salmon, dan trout [2].


Kacang-kacangan


Berbagai macam kandungan nutrisi kacang juga dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar. Ini tentu saja menjadi makanan untuk diet sehat yang sayang untuk dilewatkan [2].


Yoghurt


Yoghurt termasuk makanan tinggi protein dan kalsium yang dapat mengurangi nafsu makan berlebih. Selain itu, yoghurt juga mengandung lemak sehat yang baik untuk tubuh [1].

Serat


Makan lebih banyak serat diklaim mampu menurunkan berat badan secara sehat. Hingga sekarang dipercaya bahwa mereka yang mengonsumsi lebih banyak serat cenderung memiliki berat badan yang sehat [1].
Tahukah Anda bahwa makanan tinggi serat cenderung lebih mengenyangkan daripada makanan rendah serat? Dengan begini, Anda akan merasa kenyang lebih lama dan cenderung makan lebih sedikit. Berikut ini deretan makanan yang tinggi serat: Jagung, kacang merah, alpukat, kacang edamame, nasi merah, gandum utuh, buah pir, oatmeal, apel, dan brokoli [1].

Protein


Makanan tinggi protein ternyata dapat membantu mengendalikan berat badan kita. Akan tetapi yang perlu diingat adalah lebih dianjurkan agar kita mengonsumsi protein dari kacang-kacangan, biji-bijian, telur, susu rendah lemak, kedelai, polong-polongan, makanan laut, dan daging tanpa lemak [1].

Selain deretan makanan diatas, ada satu minuman yang kaya akan manfaatnya bagi kesehatan dan pastinya cocok untuk Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan yaitu air mineral.


Menurut penjelasan dari dr. Fereydoon Batmanghelidj yang merupakan pengarang dari buku berjudul “You’re Not Sick, You’re Thirsty!”, menyebutkan bahwa dengan minum air putih, kita dapat menurunkan berat badan dengan sangat efektif.
Menurut dr. Batmanghelidj ada setidaknya tiga alasan mengapa hal itu dapat terjadi.

Yang pertama, dengan mengkonsumsi air mineral dapat mengurangi kelaparan, kedua tak ada kalori pada air mineral, dan ketiga minum air dapat meningkatkan energi, energi ini dapat berguna untuk menurunkan berat badan pada tubuh kita [3].


Untuk mendapatkan kebaikan dari air mineral tersebut. Anda harus lebih teliti dalam memilih sumber air yang akan diminum setiap hari. Untuk itu pilihlah AQUA yang kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya.


AQUA sebagai air minum terbaik juga terpercaya lebih dari 48 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silica, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh.

Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri.

Sumber:
*https://www.alodokter.com/jangan-lupakan-3-nutrisi-ini-ketika-diet
*https://www.merdeka.com/jateng/8-makanan-untuk-diet-sehat-kaya-nutrisi-efektif-turunkan-berat-badan-kln.html?page=all
*https://www.sehataqua.co.id/ingin-punya-tubuh-langsing-minum-air-mineral-terbaik/