oleh

Kang Wawan Vakum dari Dunia Hiburan Kini Beralih Ternak Domba Garut

JAKARTA, ARTIS6.COM ■ Dunia entertainment (hiburan-red) tak selamanya menjanjikan bagi kemapanan hidup. Pasti ada masa-masa surut yang harus dihadapi. Seperti saat ini yang sudah hampir setahun lamanya, harus menghadapi masa pandemi COVID-19. Tak sedikit yang akhirnya beralih profesi.

Sosok Wawan atau akrab dipanggil Kang Wawan, awalnya tak cuman dikenal sebagai sutradara video klip. Bahkan, ia mengorbit sejumlah penyanyi kelas daerah dan nasional. Namun sejak awal tahun 2020 lalu, harus meneruskan usaha turunan dari sang kakek dan orangtuanya.

Baca Juga : Berita Jajaran POLRI Mulai dari POLSEK / POLRES / POLDA

Baca Juga : Program UPPO dari Kementan Menuai Sorotan Aktivis, Lurah Akui Tidak Ada Sosialisasi

Pria muda asal Garut yang dikenal super aktif, kini tengah merintis sekaligus melanjutkan usaha pertenakan Domba (kambing-red). Hasilnya lumayan jalan, meski dari modal 3 ekor, kemudian kini sudah berkembang memiliki 30-an ekor Domba Garut. Tak cuma kualitas kelezatan dagingnya saja jika menjadi santapan, tapi juga kepemilikan tanduk super besar yang harganya lumayan tinggi, perkiraan bisa mencapai Rp 150 jutaan.

Diakui kalau pertenakan Domba Garut sudah dirintis sang kakek, Abah Usup, sejak puluhan tahun silam. Kemudian dilanjutkan sang ayah, Nani, hingga tahun 2019 lalu. Begitu masuk 2020, dilanjutkan oleh Kang Wawan.

“Kalau saya ini kan tinggal melanjutkan usaha orangtua. Dulu, mengawali dari modal 3 ekor domba. Alhamdulillah, sekarang sudah mencapai 30 ekor, rata-rata bertanduk besar. Malah, saat ini ada 1 ekor Domba Garut bertanduk super besar,” katanya kepada ARTIS6.COM, Selasa (17/11/2020).

Terkait Domba Garut yang bertanduk super besar, menurut dia, dijuluki sebagai ‘Si The Rock‘. Berusia 2 tahun dengan memiliki bobot 90 Kg. Sedangkan soal tanduk super besar, juga memiliki seni unik tersendiri, apalagi lingkaran tanduknya mencapai 54 CM.

Ditambahkan Kang Wawan yang ditemui di lokasi pertenakan Domba Garut di Desa Padamulya, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, dirinya membutuhkan strategi atau pemasaran yang jitu, agar usahanya itu bisa lebih berkembang.

“Pokoknya, kalau untuk konsumen atau pembeli, tetap ada. Bahkan, saya belum lama ini, dapat permintaan dan kirim ke pembeli dari Jawa Tengah, Sumatera dan Jawa Timur. Kemarin baru saja kirim ke daerah Banyuwangi,” jelad dia seraya menyebut juga memasarkan lewat YouTube.

Menurut Kang Wawan butuh spesifikasi pemeliharaan hewan ternak Domba Garut. Artinya, nggak sembarangan dalam hal memberi pakan. Tetap butuh dana yang tidak kecil dan bahkan bisa memulai dengan biaya antara Rp 7,5 juta sampai Rp 10 jutaan.

Namun ketika ditanya kemungkinan melakukan ekspor keluar negeri, Kang Wawan menyebut masih terkendala proses pengiriminan. Sementara itu, lanjut dia, memenuhi permintaan di tingkat nasional dari berbagai daerah saja dulu. “Makanya, saya masih mencari pola pemasaran yang jitu, sehingga diharapkan bisa mendongkrak penjualan,” pungkas Kang Wawan. ■ [GUYS]

Video Artis Indonesia dan video lainnya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed