Melalui Virtual Pemkab OKU Terima Penghargaan Anugerah Aksara Pratama. (Berita MPI)

Baturaja OKU Sumsel.

Mediapatriot.co.id || Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis Mengikuti Acara Puncak Perayaan dan Penganugerahan Hari Aksara Internasional (HAI) Tingkat Nasional Tahun 2020 Secara Virtual, Bertempat Di Ruang Induk Rumah Dinas Bupati OKU (Selasa, 08/09/2020).

Setiap tanggal 8 September, dunia internasional memperingati Hari Aksara. Hari Aksara Internasional dicanangkan oleh UNESCO dalam Konferensi Umum UNESCO pada 26 Oktober 1966.

Hari Aksara Internasional mula-mula dicetuskan pada Konferensi Dunia Menteri Pendidikan dan Pemberantasan Buta Aksara di Teheran, Iran, pada 8 September 1965. Inilah tonggak pertama ide tentang peringatan Hari Aksara Internasional.

Untuk tahun ini mengingat pandemi Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus menggelar Apresiasi Penghargaan Keaksaraan tahun 2020 secara virtual.

Penyerahan penghargaan anugerah Apresiasi Keaksaraan 2020 dilakukan secara Virtual mengingat suasana pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mendapatkan predikat Anugerah Aksara Pratama Tingkat Nasional dalam kategori Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Indonesia.

Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi Kemendikbud terhadap Kepala Daerah dan para penggiat aksara, pemberian penghargaan ini agar semakin banyak orang maupun lembaga yang terinspirasi untuk berkontribusi dalam pemberantasan buta aksara di Indonesia. (Hermanto).