H BECENG Dirikan ‘Rumah Betawi’ Buat Bantu Warga Kesulitan Akibat Pandemi COVID-19

Berita, Tokoh Publik97 Dilihat

JAKARTA, ARTIS6.COM ■ Situasi pandemi COVID-19 saat ini bikin masyarakat luas dan khususnya bagi warga di Ibukota Jakarta, dihadapkan pada tingkat kesulitan hidup yang berkepanjangan. Banyak dari mereka kehilangan pekerjaan, sulit mencari penghasilan seperti di waktu sebelumnya dan bahkan untuk sekadar memenuhi kebutuhan makan sehari-hari saja sulitnya bukan main.

Keadaan itupun tentu saja mengusik sikap humanisme (kemanusiaan) HR Khotibi Achyar S.Ip atau yang selama ini dikenal dengan nama H Beceng (Betawi Cengkareng), anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar).

Bentuk kepedulian serta keprihatinannya tersebut, H Beceng pun mendirikan ‘Rumah Betawi’ demi membantu warga atau masyarakat kelas bawah. Dan, keberadaannya berada di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat. Hampir setiap Jumat, warga sekitar disediakan makan gratis.

“Jujur, saya merasakan sekali, tak sedikit warga Jakarta yang kadang untuk memenuhi kebutuhan makan saja sulit. Apalagi ditengah situasi pandemi COVID-19. Nah, di Rumah Betawi ini, mereka bisa datang. Sementara ini baru setiap hari Jumat,” ucap anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta itu saat dihubungi ARTIS6.COM, Senin (23/8/2020) sore.

Namun ketika disinggung soal inspirasi atau keinginan apa yang kemudian mendorong mendirikan ‘Rumah Betawi, kata H Beceng, tak lepas dari panggilan jiwa. Dalam situasi pandemi COVID-19, dirinya tak boleh berdiam diri, manakala warga Jakarta dibuat tak berdaya akibat sulit mencari penghasilan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

“Nah, saya ini kan duduk sebagai wakil rakyat di lembaga DPRD DKI Jakarta. Jelas, saya tak boleh berpangku tangan dan harus berjuang untuk memberikan yang terbaik. Khususnya kepada warga Jakarta yang benar-benar mengalami kesulitan hidup ditengah pandemi COVID-19,” ucap dia.

Menurut H Beceng bahwa kesejahteraan rakyat merupakan ‘harga mati’ yang harus semaksimal mungkin diperjuangkan dan diprioritaskan. “Sebab, langkah itu juga menjadi kewajiban kita semua, agar peka sekaligus perduli terhadap situasi pandemi COVID-19. ■ [GUYS]

Jangan Lewatkan