STRATEGI DKIP KABUPATEN SUKABUMI SIAPKAN DESA DIGITAL

Berita177 Dilihat

SUKABUMI -Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (DKIP) Kabupaten Sukabumi mendatangi Pemerintahan Desa Cijengkol Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi, siang tadi.


Kedatangan Tim DKIP tersebut dalam rangka menginventarisir dan mengkolaborasikan kegiatan DKIP dengan Kelompok Informasi Publik (KIM) yang berada di Desa Cijengkol.

“Desa cijengkol saat ini memiliki aplikasi Smart Cijengkol, dimana aplikasi ini dapat digunakan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik, seperti pelayanan surat keterangan tidak mampu, Surat pengantar SKCK, Surat Keterangan usaha dan administrasi lainnya bahkan aplikasi ini juga bisa digunakan untuk bantuan ambulan desa” Jelas Kepala bidang Informasi Komunikasi Publik Herdy Somantri.

Menurut Kabid IKP bahwa dukungan dari Mayarakat ini sangat penting,dan sekarang warga Cijengkol bisa mendowndload aplikasi android di playstore

“Awalnya ini terbentuk dari kepedulian anak anak muda yang memiliki bakat dan ingin memajukan wilayahnya maka dibentuklah Cijengkol Bersatu (Ciber), saya yakin desa Cijengkol bisa jadi pioner desa digital di Kabupaten Sukabumi.Dalam era teknologi informasi sekarang ini semua badan publik termasuk Desa harus menyelenggarakan pelayanan publik berbasis digital agar bisa di akses masyarakat” jelasnya.

Kedepan, menurut herdy kegiatan seperti ini perlu didorong terlebih kegiatan ini muncul dari gagasan dan inisiasi masyarakat.

” kita akan pelajari dan kembangkan aplikasinya kedepan DKIP akan membentuk KIM ditiap desa secara bertahap, jadi Kelompok KIM ini nanti bukan hanya melayani administrasi masyarakat atau pelayanan saja namun kedepan mereka juga bisa menjual produk unggulan dan potensi desa, sehingga UMKM masyarakat bisa lebih maju karena produk mereka tidak dijual dilokal saja, bukan hanya itu mayarakat juga bisa menyampaikan keluhan melalui aplikasi tersebut” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cijengkol, Haer Suhermansyah mengatakan bahwa, dengan dukungan semua pihak Cijengkol menjadi desa digital bisa terwujud

” melalui aplikasi Smart Cijengkol, pelayanan terhadap masyarakat menjadi lebih optimal, efisien dan memudahkan, meskipun sekarang baru sekitar 30 persen masyarakat yang memanfaatkannya, saya berharap tak lama lagi agenda desa Cijengkol sebagai desa digital akan segera terwujud”tambahnya.

Kepala Desa Cijengkol berharap dengan adanya dukungan yang dilakukan oleh DKIP bisa membantu mempermudah akses dan meningkatkan layanan informasi masyarakat.

Wartawan : Sopandi
Editor : Hamdanil
Asykar

Jangan Lewatkan