H BECENG Minta Walikota Putra Daerah di DKI Perhatikan Kelestarian Budaya Betawi

Berita119 Dilihat

JAKARTA, ARTIS6.COM □ Terpilihnya empat orang asli putra daerah (Betawi) menjadi 4 Walikota di DKI Jakarta, menyiratkan kebanggaan bagi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) HR Khotibi Achyar S Ip. Karena itu, ia berharap bisa mengangkat harkat daerah dan seni budaya leluhur Betawi, melalui sosok yang dipercaya memegang tampuk pimpinan wilayah kota.

“Jadi, secara pribadi apalagi saya ini juga asli putra Betawi, ya harus bangga dong! Semoga keempat Walikota di DKI Jakarta itu, bisa mengemban amanah. Selain itu juga peduli pada seni budaya Betawi yang bisa dibilang nyaris punah,” ucap polisi Partai Golkar itu kepada ARTIS6.COM, Minggu (8/7).

Pria yang akrab dengan panggian nama H Beceng itu, mengaku sangat mengapresiasi langkah penetapan atau pilihan yang pas dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan. Sebab, keputusan yang diambil, sejalan atau merupakan impian atau harapan dari masyarakat asli Betawi di Jakarta.

“Meskipun begitu dalam melaksanakan tugasnya, 4 dari 5 Walikota baru tersebut, tetap harus melayani masyarakat pendatang yang sudah turun-temurun tinggal di Jakarta. Jadi, bukan cuma warga Betawi saja,” saran dia.

Menurut H Beceng untuk ke-4 dari 5 Walikota dan 1 Bupati di DKI Jakarta, diharapkan bisa lebih mengangkat sekaligus melestarikan budaya Betawi. “Jangan sampai terpinggirkan atau tergerus oleh dominasi budaya lain maupun asing. Nah, itu juga menjadi tugas kelima Walikota yang baru dilantik,” ungkapnya.

Sedangkan untuk ke-5 Walikota baru di DKI tersebut masing-masing Marullah Matali (asli Pondok Labu) sebagai Walikota Jakarta Selatan, M Anwar (asli Kebon Kacang) menjadi Walikota Jakarta Timur, Bayu Meghantara (asli Klender) dipercaya memimpin wilayah kota Jakarta Pusat, Rustam Effendi (asli Kebon Jeruk) menduduki jabatan Walikota Jakarta Barat serta Syamsudin Lologoa yang menjabat Walikota Jakarta Utara. Juga Bupati Kepulauan Seribu yang dipercayakan kepada Husein Murad.

“Marilah bagi warga Jakarta yang juga asli Betawi, ayo kita dukung Bapak Walikota yang baru sekarang ini. Jangan sungkan-sungkan mengajukan program yang intinya untuk mengangkat seni budaya Betawi, agar kembali muncul dan tetap lestari,” tutup H Beceng yang kini sedang melakukan kunjungan kerja ke Batam. ■ [GYUS]

Jangan Lewatkan